Masyarakat Rindukan Sosok Syahrul Ujud

Pasarraya,METRO

Sosok mantan Walikota Padang Syahrul Ujud masih didambakan masyarakat ‘akar rumput’ untuk memimpin Kota Padang ke depan. Beberapa masyarakat bawah yang ditemui POSMETRO di lapangan mengakui, sosok kebapakan Syahrul Ujud masih tersimpan kuat dalam ingatan mereka.

“Pak Syahrul Ujud mantan Walikota Padang dulu kan? Bapak benar-benar dekat dengan kita-kita (masyarakat kalangan bawah-red) karena sering ke pasar tanpa pengawalan,” aku Benni Valentino (42) juru parkir di depan Kantor Balai Kota Padang, Selasa (29/4).

Menurut Benni yang akrab disapa Bule oleh teman-teman seprofesinya mengaku, Syahrul Ujud bentuk seorang pejabat yang akrab dengan kalangan kecil. Bahkan, aku Benni yang lama berprofesi sebagai guide itu, ia pernah ditegur langsung sama mantan Walikota Padang itu. Ia pernah diminta pak Syahrul Ujud untuk mengembangkan pariwisata Kota Padang ke mancanegara.

“Kamu pintar bahasa Inggris ya, bantu Kota Padang untuk mempromosikan wisata kita ya,” aku Benni mengenang ucapan mantan walikota itu. Hal yang membuat Benni Bule merasa terharu karena seorang Syahrul Ujud masih menyempatkan diri untuk minta bantuan masyarakat kecil seperti dirinya. Menurut Benni, sulit untuk menemukan pejabat seperti Sosok Syahrul Ujud. “Syahrul Ujud the father OK people best governance of pure people (Syahrul Ujud bapak yang terbaik di mata masyarakat kelas bawah dan kaum miskin),” tulis Benni mengagumi sosok Syahrul Ujud.

Lain pula dengan Pak Marlis (69), pedagang bunga di Pasarraya. Kakek yang telah berjualan 40 tahun lalu di Pasarraya mengaku, pernah berjabatan tangan dengan mantan orang nomor satu Kota Padang era 80-an itu. Begitu disodorkan nama Syahrul Ujud, ‘tak butuh waktu lama untuknya mengingat. “Ambo pernah basalaman lansuang samo pak wali tu, ndak ambo sajo rato-rata padagang kaki limo waktu itu basalaman samo pak Syahrul Ujud (saya pernah berjabat tangan dengan pak walikota, tidak hanya saya pedagang kaki lima yang lain juga bersalaman dengan Pak Syahrul Ujud waktu itu-red),” akunya.

Ia mengaku, sosok Syahrul Ujud sangat akrab dengan pedagang kaki lima. Bahkan, akunya, mantan walikota itu, sering berkunjung ke pasar raya dan bercerita bersama pedagang. Bahkan, mantan walikota itu sering berbelanja di pasarraya tanpa meminta uang kembalian. Ketika ditanya kalau sosok seperti Syahrul Ujud kembali muncul di era sekarang, Pak Marlis antusias menjawab: “Kalau masih bisa pasti dipiliah dek padagang pasa, tapi mungkin ndak bisa lai, pak Syahrul alah duo periode jadi walikota (Kalau masih bisa jadi walikota kembali pasti dipilih oleh pedagang pasar, tapi mungkin tidak bisa lagi, pak Syahrul sudah dua periode menjadi walikota-red),” akunya.

Mawarni (55), pedagang rokok di depan Kantor Balai Kota Padang mengaku, sering diberi uang oleh Syahrul Ujud. “Pak Syahrul Ujud cukuk dakek samo laki ibuk, dulu kami sampai diagiah pitih samo pak wali (Pak Syahrul Ujud cukup dekat sama suami ibu, kita pernah diberi uang oleh pak wali-red),” aku Mawarni. Mereka berharap, sosok Syahrul Ujud mengilhami pemimpin Kota Padang ke depan. (r)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s