Ngantor Lebih Lama, Tak Selalu Produktif

Lihat GambarKapanLagi.com – Berapa jam Anda menghabiskan waktu di kantor? Sesuai aturan jam kerja umumnya pegawai kantoran menghabiskan waktu sekitar 8 jam, namun pada kenyataanya dan tanpa disadari, kita cenderung lebih lama berada di kantor, serajin itu kah?

Sebuah survei yang dilakukan pada sekitar 1000 orang karyawan di Inggris oleh Microsoft awal Januari mencatat rata-rata jam kerja pegawai kantoran yaitu mulai pukul 8.37 pagi hingga 5.37 sore, meskipun rata-rata waktu tersebut tidak habis digunakan untuk bekerja.

Dalam waktu tersebut rata-rata pekerja menghabiskan sekitar 17,4 menit sehari untuk membuat teh, 18,6 menit untuk melihat situasi di balik jendela, 11,1 menit bercakap-cakap di telepon, dan 35,5 menit bergosip. Utak-atik komputer dan merapikan dokumen menghabiskan waktu sekitar sekitar 46 menit, 13,7 untuk bermain kartu, dan 54 menit surfing internet.

Seperti yang dilansir dari Scotsman.com, penelitian tersebut menarik kesimpulan hampir tiga jam dalam sehari lewat begitu saja tanpa sesuatu yang produktif yang dilakukan pegawai di tempat kerja.

Professor Cary Cooper, Profesor Psikologi dan Kesehatan dari Universitas Lancaster Cary Cooper mengatakan kecenderungan presenteeism atau terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor tanpa tahu apa yang dilakukan juga dialami pekerja di Eropa.

Separo dari responden menyebutkan alasan mereka berada di kantor lebih awal dan pulang lebih lambat karena mereka bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah saat kantor berada dalam situasi yang tidak sibuk.

Meskipun keterkaitan untuk menghabiskan waktu di kantor lebih lama dengan ambisi untuk lebih sukses tidak menemukan kesesuaian di lapangan. Mengapa? Karena dalam kenyataannya karyawan yang berada di kantor lebih lama, belum tentu bisa memanfaatkan waktunya untuk benar-benar bekerja.

Cooper mengatakan dengan banyaknya selingan yang dilakukan karyawan tak mengherankan jika pikiran menjadi terpecah-pecah dan tidak fokus. Perubahan kecil dalam cara orang bekerja juga bisa berdampak pada perubahan besar, terlebih jika dilakukan secara berkala.

“Kita tak perlu harus membuat perubahan drastis untuk membuat hari kerja lebih efesien dan lebih pendek. Namun menghabiskan waktu untuk beres-beres dokumen atau memperbaiki komputer yang ngadat bisa mengganggu pekerjaan Anda dan akibatnya, akan menyita waktu hampir sekitar dua jam,” papar Cooper, yang lebih menyarankan pekerja untuk meluangkan waktu mempelajari aneka macam tips dan trik yang mendukung pekerjaan mereka. (scotsman/rit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s