sex dan kesehatan

Sex 101
Penulis : Angela Wika Citra Kusuma

Kata orang, seks adalah ‘surga dunia’. Banyak orang dan media yang sering membicarakan mengenai seks. Apakah seks hanyalah mengenai kebutuhan biologis saja? Tidak juga.

Seks, yang dikatakan adalah hal yang selalu ada dalam pikiran sebagian besar orang, tidak hanya memberikan kepuasan biologis saja. Seks ternyata juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi kita. Dengan melihat bagaimana kehidupan seks kita, kita juga bisa menilai bagaimana seks mempengaruhi hidup kita, kesehatan kita.

Menurut Joy Davidson, PhD, psikolog dan seks terapis di New York, seks memiliki beberapa keuntungan bagi kesehatan dan aktivitas sosial kita.

1. Seks dapat mengatasi stress.
Manfaat besar seks bagi kesehatan, menurut penelitian adalah seks dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress.

2. Seks dapat meningkatkan sistem imun.
Kesehatan seksual yang baik juga berdampak pada kesehatan fisik. Melakukan seks sekali atau dua kali dalam seminggu berhubungan dengan peningkatan antibodi yang disebut immunoglobulin A atau IgA, yang dapat melindungi Anda dari serangan flu dan infeksi lainnya.

3. Seks dapat membangkar kalori.
Melakukan hubungan seks selama 30 menit dapat membakar 85 kalori atau lebih. Dan pengurangan kalori akan bertambah terus. Hitungannya, jika Anda melakukan 42 kali hubungan seks dengan 30 menit per sesinya, maka kalori yang terbakar sekitar 3570 kalori. Lebih dari cukup untuk mengurangi berat badan hingga 0,5 kg. Seks merupakan latihan yang baik untuk fisik maupun psikologis Anda. 

4. Seks dapat meningkatkan kesehatan sistem kerja jantung.
Ada mitos yang mengatakan usaha dan tenaga yang kita keluarkan selama melakukan seks bisa membuat orang terkena stroke. Itu tidak benar. Justru menurut penelitian kegiatan seks memberikan keuntungan bagi jantung lebih dari yang diperkirakan. Penelitian menunjukkan melakukan hubungan seks dua kali atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi resiko serangan jantung yang fatal sebanyak setengahnya, jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas seks kurang dari sekali dalam sebulan.

5. Seks dapat meningkatkan rasa percaya diri.
Meningkatkan rasa percaya diri sendiri merupakan salah satu alasan mengapa orang-orang melakukan hubungan seks. Seks yang hebat dimulai dengan kepercayaan diri dan dapat meningkatkan kepercayaan diri lebih lagi.

6. Seks dapat meningkatkan keintiman.
Hormon oksitosin, atau yang biasa disebut hormon cinta, tanpa kita sadari dapat membuat hubungan kita dengan pasangan menjadi lebih erat dan dapat membangun kepercayaan. Hormon oksitosin akan membiarkan kita merasa terdorong untuk memelihara dan mempererat hubungan dengan pasangan.

7. Seks dapat mengurangi rasa sakit.
Seiring dengan pengeluaran hormon oksitosin, hormon endorphins juga akan meningkat, sehingga rasa sakit menjadi berkurang. Jadi, jika Anda sedang mengalami sakit kepala, radang sendi, atau gejala-gejala PMS, dan Anda melakukan hubungan seks, maka sakit yang Anda rasakan bisa hilang atau berkurang.

8. Seks dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat.
Menurut penelitian, semakin sering seorang pria, khususnya pada usia 20an, dapat mengurangi resiko kanker prostat di kemudian hari.

9. Seks dapat menguatkan otot-otot panggul.
Ketika Anda melakukan hubungan seks, Anda sama seperti melakukan senam kegel, yaitu menahan otot-otot panggul seperti ketika Anda menahan buang air kecil selama tiga hitungan dan kemudian dikendurkan. Jika Anda biasa melakukannya, maka Anda akan memperoleh kepuasan yang lebih dalam kehidupan seksual Anda.

10.Seks dapat membantu tidur Anda lebih baik.
Menurut penelitian, hormon oksitosin yang dilepaskan selama orgasme juga bermanfaat untuk tidur Anda. Dan dengan tidur yang cukup maka manfaat-manfaat lainnya akan mengikuti, seperti menjaga berat badan dan tekanan darah. Tidak heran kan jika Anda menemukan pasangan Anda begitu aktif ketika berhubungan dan langsung tertidur lelap sesudahnya? (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s