Dinilai Gagal KAMMI Sumbar Minta Presiden Pecat Menteri ESDM

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Sumatera Barat desak pemerintah untuk memecat Menteri ESDM Purnomo Yusgiyantoro DEMO BBM DI DPRD SUMBAR DAN KANTOR GUBERNUR (19)karena dinilai gagal menjalankan fungsinya.

“Kita meminta presiden memecat Purnomo Yusgiantoro karena tidak mampu mencapai lifting minyak sehingga pemerintah mesti mengekspor minyak dari Singapura yang bukan anggota OPEC,” tegas Ketua Umum KAMMI Sumbar Riyandi Praza, pada wartawan di Padang, Kamis.

Menurut Riyandi, Menteri Energi Sumber Daya Mineral Kabinet Indonesia bersatu tersebut dinilai gagal dengan menurunnya produksi minyak nasional. Selama menjabat menteri, produksi minyak nasional mengalami penurunan sejak 1998. Pada tahun tersebut, produksi minyak nasional mencapi 1,3 juta barel sedangkan menurut data terakhir, produksi minyak nasional hanya berkisar 800 ribu barel. Penurunan jumlah produksi tersebut menjadikan pemerintah terkena dampak negatif dari kenaikan harga minyak dunia.

KAMMI menilai, kegagalan meningkatkan lifting minyak nasional–minimal 1,2 juta barel per hari–menyebabkan perekonomian nasional terguncang akibat kenaikan harga minyak dunia yang menurut informasi terakhir menembus angka 130 Dolar AS. “Dengan lifting minyak yang hanya mencapai 914 ribu per barel tentunya ini merupakan suatu kegagalan Purnomo,” tegas Riyandi.

Menurutnya, kegagalan sektor migas tersebut seharusnya tidak dapat DEMO BBM DI DPRD SUMBAR DAN KANTOR GUBERNUR (29)dijadikan alasan untuk menaikan harga bahan bakar minyak. “KAMMI menolak kenaikan harga BBM yang mencapai 33 persen pada 31 Mei mendatang,” tegasnya. KAMMI Sumbar menilai, alasan menaikan BBM untuk mengurangi beban APBN merupakan bentuk pengalihan perhatian masyarakat dari isue privatisasi sejumlah BUMN oleh pemerintah dan kebijakan yang tidak tepat.

“Masih banyak yang bisa dilakukan pemerintah untuk menghindari kebijakan menaikan BBM,” ujar Riyandi. Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk menghindari kenaikan BBM yakni dengan penghematan dalam penggunaan anggaran. Menurut pengamatan KAMMI, efisiensi bisa dilakukan dengan menunda alokasi dana untuk perbaikan fasilitas pemerintah dan pembelian mobil dinas yang dinilai sebagai bentuk pemborosan.

Selain itu, ungkapnya, pemerintah dapat menerapkan provit tax pada perusahaan-perusahaan tambang dalam negeri yang mendapat keuntungan dengan kenaikan harga minyak dunia untuk meningkatkan pendapatan nasional. Hal tersebut bisa dilakukan jika pemerintah memiliki keinginan untuk tidak membebani masyarakat dengan menaikan harga BBM.

KAMMI Sumbar berharap pemerintah daerah dapat bersikap tegas terhadap kebijakan pemerintah untuk menaikan BBM.”Sejauh ini KAMMI tidak melihat ketegasan sikap Pemda Provinsi (Sumbar-red) mengenai kenaikan BBM,” tegasnya. KAMMI sendiri akan tetap melanjutkan aksi demo untuk meminta pemerintah untuk tidak menaikan harga minyak. (eri)

2 thoughts on “Dinilai Gagal KAMMI Sumbar Minta Presiden Pecat Menteri ESDM

  1. kok yang ditulis cuma fersi KAMMI doang, pembandingnya mana? kalo masyarakat baca tulisan tentang demonstrasi tsb tanpa ada pembelaan dari mentri ESDM dan jajarannya, ntar masyarakat kira demo tuh bener, jadi minta juga dunk komen dari mentri ESDM ato jajarannya… biar beritanya hidup dan nga memihak dan juga nga profokatif..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s